Haruskah Kita Memiliki Website?

Haruskah Kita Memiliki Website?

Ok, ini simple question. Tetapi untuk menjawabnya tidak terlalu mudah. Saya coba dalam bentuk cerita ya…

Kami netdesain sudah berdiri sejak 1999. Pada waktu itu kami bisa dibilang pioneer dalam memperkenalkan website solution di Indonesia. Dengan cukup susah payah, kami mencoba mencari pasar. Dan hasilnya bagus. Kami membuat banyak sekali situs web, dari perusahaan private, perusahaan go public, goverment, non-profit. Dalam bentuk yang bermacam-macam.

Nah ada beberapa yang kurang berhasil menurut saya pada waktu tersebut. Kami ada membuat beberapa website e-commerce dan portal. Website e-commerce dalam segi teknis waktu itu sudah bisa berjalan (kecuali problem masalah pembayaran online). Tapi problemnya adalah tidak banyak orang yang bisa menggunakan internet. Penetrasi internet di Indonesia sangat rendah waktu itu.

Nah bagaimana sekarang (2010)? Kami mencoba mencari informasi tersebut, dan ini beberapa hasil pengumpulan data kami:

  • Indonesia merupakan pengguna internet urutan ke-16 di dunia. Dengan jumlah orang diperkirakan sekitar 30 juta orang. Walaupun hanya 12.6% dari total populasi Indonesia.
  • Pengguna telpon genggam (mobile phone) di Indonesia = 140.200.000 atau 60,5% dari total populasi Indonesia (wow).

Wow. Ini jumlah potensi yang sangat tinggi. Malah sekarang dengan makin murahnya biaya ponsel (alat), biaya telekomunikasi, dan kecanggihan teknologi ponsel. Apalagi ditambahnya dengan masuknya handphone-handphone china ke Indonesia. Bisa dibilang ini pontensi yang luar biasa.

Ok, jadi.. jika anda ingin menyasar target tersebut. Memiliki website adalah mutlak perlu. Apalagi kalau target market kita bukan di Indonesia, bisa dibilang… tidak ada perusahaan yang tidak memiliki website.

Tapi seperti menjual rumah/mobil/barang retail… memiliki website juga janganlah sembarangan. Calon customer kita atau partner kita. Jika mereka melihat website kita dan tanpa memberi tahu kita, mereka akhirnya menganggap perusahaan kita itu kurang bonafid. Mungkin itu kita akan kehilangan opportunity lost yang besar.

Website adalah hal yang pertama dicari saat ini kalau kita mencari informasi mengenai produk, perusahaan, solusi, dan mencari orang. Jadi jangan biarkan website kita buruk.

Catatan sumber info:

Regards,

Mico Wendy

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


×

Hi!

Pilih salah satu akun Tim Support kami dibawah ini, melalui WA (0818205904) atau bisa juga kirim email ke [email protected]

× Ada yang bisa kami bantu?